Selain Xiaomi, brand smartphone yang berani menjual smartphone ramah kantong ada Realme.Walaupun Realme masih seumur jagung, tetapi brand ini berani mengeluarkan produk untuk menantang Xiaomi.

Realme Indonesia sebenarnya agak kurang begitu bisa memanjakan pengguna Realme di sini, karena Realme Indonesia suka telat dan lama memasukkan produk baru. Jika di lihat di negara lain seperti India, di sana produk Realme sering sekali launching produk baru.

Di Indonesia sendiri, Realme hanya memasukkan ke TKDN, tetapi tidak jelas apakah produknya masuk atau tidak. Bahkan belakangan saat Xiaomi dan Poco mengeluarkan banyak produk, Realme Indonesia terasa puasa produk.

Untungnya di November ini, Realme kembali melaunching produk baru. Setelah terakhir Realme GT Master Edition, awal bulan ini Realme melaunching Realme GT Neo 2, Realme Narzo 50i dan 50A. Di 24 November, Realme akan melaunching Realme 8i dan Realme C25Y, dan yang akan kita bahas Realme 8i.


DESAIN


Pertama mari bahas tentang desain, dari tampilan Realme 8i ini seperti smartphone Realme seri 8 pada umumnya. Bagian belakangnya di Realme 8i ini finishingnya shiny, sepertinya tidak semua orang suka dengan ini tapi bisa di akali dengan menggunakan case.

Kemudian bagian kameranya yang terlihat ada 4 lubang, padahal hanya tiga karena satunya flash. Secara desain modulnya mirip sekali dengan Realme seri 8 lain, hanya saja di Realme 8i ini dibuat sewarna dengan bodinya. Pilihan warnanya ada Space Black dan Space Purple.



Untuk bagian depannya Realme 8i ini menggunakan layar model tompel, tapi tompel kameranya ada di pojok kiri atas. Model tompel kamera di pojok, lebih enak buat menikmati konten hiburan dan main game, kalau tompel kamera di tengah terasa mengganggu.

Untuk bagian samping kanannya ada tombol volume, juga fingerprint scanner yang sekaligus menjadi tombol power seperti smartphone jaman sekarang. Bagian bawahnya ada lubang speaker, port USB Type-C, dan Jack 3,5mm.


FITUR


Fitur Realme 8i yang akan di bahas hanya bagian paling dijual sama Realme 8i. Realme 8i memiliki layar IPS 6.6 inch beresolusi Full-HD dengan Refresh rate 120Hz, nilai jual Realme 8i ada di bagian Refresh rate layarnya yang sudah 120Hz. Misal di bandingkan sama rivalnya si Xiaomi Redmi 10, refresh rate yang di punyai hanya 90Hz. Untuk internal dan RAM-nya ada banyak versi mulai dari 4Gb RAM 64Gb ROM, 4Gb RAM 128Gb ROM, 6Gb RAM 128Gb ROM, entah mana yang akan masuk Indonesia, agar lebih menarik harusnya yang versi 4/128. Untuk slot sim-cardnya tipe triple slot, jadi ada dua slot sim-card sekaligus ada satu slot untuk MicroSD.


Dapur pacu dari Realme 8i sendiri agak membingungkan, Realme 8i menggunakan processor Mediatek Helio G96 dengan fabrikasi 12nm, yang sebenarnya Mediatek Helio G96 ini sama dengan Mediatek Helio G95 yang digunakan banyak smartphone saat ini.

Menurut review, performanya malah agak di bawah Mediatek Helio G95, padahal Mediatek Helio G96 ini processor seri terbaru dan Realme 8i akan menjadi smartphone pertama dengan processor ini di Indonesia.

Mediatek Helio G96 hanya versi upgrade fitur dari seri G95, yang sekarang sudah support refresh rate layar hingga 120Hz sebelumnya hanya 90Hz, dan kamera hingga 108Mp. Menemani dapur pacunya ini, Realme 8i memiliki baterai dengan kapasitas 5.000mAh, dengan charger 18W.


KAMERA


Seperti yang sudah di jelaskan di awal, kamera Realme 8i ada tiga. Jika di belakang terlihat ada empat lubang, itu hanya gimmick saja karena salah satu lubangnya untuk flash. Kamera utama Realme 8i sebesar 50MP, kemudian ada kamera Macro 2MP dan Depth 2MP, anggap saja hanya memiliki satu kamera, karena kamera 2MP mau buat apa. Kamera depannya yang berbentuk seperti tompel, beresolusi 16MP.


KESIMPULAN

Realme 8i datang dengan nilai jual refresh rate layar 120Hz, yang memanjakan mata kita saat layar bergerak, karena akan terlihat lebih smooth transisinya. Sebenarnya refresh rate 120Hz juga sangat mendukung untuk bermain game, tapi dengan processor kelas menengah mana bisa main game yang support 120Hz kebanyakan game berat. Di pasar Indonesia Realme 8i akan menjadi lawan berat Xiaomi Redmi 10 yang sudah rilis terlebih dahulu. Janji Realme, smartphone ini nantinya memiliki harga di bawah 3jt, entah seri mana yang masuk, tapi harga di India untuk Realme 8i versi 4/64 di harga 2,7jt dan 6/128 3,1jt. Jika di bandingkan dengan harga Xiaomi Redmi 10 dengan processor Mediatek Helio G88 versi 4/64 1,999jt dan 6/128 2,4jt. Lebih jelasnya kita tunggu saja 24 November nanti.