Gangguan kepribadian narsistik adalah kondisi kesehatan mental dengan ciri-ciri yang mungkin termasuk kebutuhan yang berlebihan akan perhatian, rasa mementingkan diri sendiri, dan kurangnya empati.

Seseorang yang narsis mungkin terlalu peduli dengan penampilan mereka atau memiliki sedikit waktu untuk fokus pada orang lain. Namun, hal ini bukanlah tanda bahwa seseorang pasti memiliki gangguan kepribadian narsistik (narcissistic personality disorder/NPD).

Pada dasarnya, setiap orang memiliki egoisme masing-masing meskipun kadarnya berbeda-beda. Namun, orang dengan NPD merasa sulit untuk tidak fokus pada diri mereka sendiri dan mungkin tidak menyadari bahwa mereka melakukan ini.

.
NPD adalah kondisi jangka panjang yang secara signifikan mempengaruhi hubungan dan fungsi emosional seseorang. Menurut American Psychiatric Association (APA), NPD didefinisikan sebagai gangguan kepribadian yang melibatkan pola kebutuhan akan kekaguman dan kurangnya empati terhadap orang lain.

Orang dengan NPD mungkin memiliki rasa mementingkan diri sendiri yang berlebihan. Mereka sering kurang empati dan mungkin memiliki sedikit minat dalam mengembangkan hubungan intim dengan orang lain.

Sementara seseorang dengan NPD mungkin tampak terlalu percaya diri, mereka sering kali memiliki harga diri yang rendah. Tergantung pada seberapa parah gangguan mereka, mereka mungkin bereaksi buruk ketika seseorang atau peristiwa menantang rasa superioritas mereka.

Sebuah studi tahun 2008 di Journal of Clinical Psychiatry memperkirakan bahwa 6,2 persen orang mengalami NPD di beberapa titik dalam hidup mereka. Apabila dibandingkan, laki-laki jumlahnya lebih banyak daripada perempuan.

Studi ini juga melaporkan bahwa NPD secara signifikan lebih banyak dialami oleh kelompok berikut:
orang dewasa kulit hitam, wanita hispanik, dewasa muda, mereka yang berpisah, bercerai, atau janda, orang dewasa yang tidak pernah menikah.

Melansir dari Medical News Today,Ada beberapa tanda ketika seseorang mengidap NPD, yakni sebagai berikut.

1. Rasa mementingkan diri sendiri yang berlebihan

Memiliki rasa mementingkan diri sendiri yang berlebihan adalah karakteristik yang tanda utama seseorang mengidap NPD.

Orang dengan NPD memiliki rasa superioritas atas orang lain. Tidak selalu jelas bahwa seseorang dengan NPD merasa lebih unggul dari yang lain. Beberapa orang dengan NPD tampak percaya diri dan mementingkan diri sendiri, sedangkan yang lain mungkin tampak tidak aman dan mencela diri sendiri. 

Dalam kedua kasus, bagaimana pun, orang tersebut dengan tegas percaya bahwa mereka lebih baik daripada yang lain.


Mereka mungkin bersikeras untuk mendapatkan yang terbaik dari segala sesuatu atau menolak hal-hal yang mereka rasa kurang, seperti pekerjaan.Orang dengan NPD juga mungkin melebih-lebihkan atau berbohong tentang prestasi mereka.

2. Kebutuhan konstan akan perhatian dan kekaguman

Orang dengan NPD sangat membutuhkan perhatian dan kekaguman dari orang-orang di sekitar mereka. Hal ini karena mereka biasanya mengandalkan orang lain sebagai sumber harga diri dan tidak memiliki rasa diri yang pasti.


Seseorang dengan NPD mungkin menunjukkan perilaku mencari perhatian untuk mendapatkan kekaguman yang mereka rasa perlu atau pantas mereka dapatkan.

3. Kecenderungan untuk memonopoli percakapan

Menurut DSM-5, orang dengan NPD menunjukkan sedikit minat yang tulus pada pengalaman orang lain.

Dengan demikian, seseorang dengan NPD dapat mendominasi percakapan atau kehilangan minat dalam percakapan yang tidak berputar di sekitar mereka.

Mereka juga dapat menggunakan hubungan untuk keuntungan pribadi.

4. Kurangnya perhatian terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain

Karena mereka dengan NPD sering kurang empati terhadap orang lain, mereka akan secara konsisten mengabaikan kebutuhan orang lain.

Mereka sering sangat peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentang mereka, tetapi sebaliknya mungkin sulit untuk memahami atau tidak peduli dengan perasaan mereka.

Individu dengan NPD juga dapat menjadi antagonis terhadap orang lain karena kurangnya empati ini.

5. Kesulitan menerima kritik dan mengatur perilaku

Mereka dengan NPD berjuang untuk menerima apa pun yang mereka anggap sebagai kritik karena ini dapat merusak harga diri dan rasa identitas mereka.

Mereka mungkin menyerang orang yang telah menyinggung mereka. Orang dengan NPD sering juga memiliki kondisi kesehatan mental lainnya, seperti: kecanduan gangguan bipolar, gangguan kepribadian antisosial, gangguan kepribadian ambang depresi, kecemasan pikiran atau perilaku bunuh diri.


Penulis: Ajie Khamal Husen F.A | Editor : Ajie Khamal Husen F.A